TRAVELING WISATA DI INDONESIA
Keindahan wisata indoensia
(1) mengetahui Opini wisatawan nusantara tentang kualitas pelayanan di obyek wisata Candi Prambanan,
(2) mengkaji perbedaan atau kesamaan Opini tentang kualitas pelayanan di obyek wisata Candi Prambanan berdasarkan jenis pekerjaan, pendidikan, tingkat pendapatan dan daerah asal,
(3) mengetahui tuntutan wisatawan nusantara terhadap kualitas pelayanan di obyek wisata Candi Prambanan.
Objek di Candi Prambanan. Opini didekati dengan menggunakan metode survey. Penerapan metode ini didasarkan beragamnya opini yang terbentuk pada masyarakat sehingga perlu diketahui perbedaan opini, dengan didasari karakteristik pengunjung yang terdiri dari pekerjaan, pendidikan, , pendapatan, dan daerah asal. Alat analisis yang digunakan adalah chi square untuk mengetahui perbedaan dan uji validitas dan reliabilitas alfa cronbach untuk menguji valid dan reliabilitasnya jawaban responden. Komponen produk pariwisata dilihat dari 3 aspek yaitu Atraksi, Amenitas dan Aksesibilitas sedangkan kualitas pelayanan didekati dengan pendekatan yang dikemukan oleh Parasuraman dengan lima dimensi kualitas pelayanan yaitu reliability, assurance, emphaty, responsiveness dan tangibles. Wisatawan nusantara di Candi Prambanan sebagian besar menilai baik terhadap kualitas pelayanan yang diberikan dan disediakan oleh pemberi jasa di tiga aspek (atraksi, amenitas, aksessibilitas). Ada perbedaan opini dalam melihat kualitas pelayanan yang berdasarkan jenis pekerjaan dan tingkat pendidikan. Sedangkan jenis pendapatan dan daerah asal tidak terdapat perbedaan opini wisatawan nusantara dalam melihat kualitas pelayanan di obyek wisata Candi prambanan. Tuntutan wisatawan nusantara di Candi Prambanan pada tiga segi yang melekat pada obyek wisata adalah : Untuk atraksi, kualitas pelayanan yang assurance yaitu pelayanan yang sopan dan memiliki pengetahuan yang luas tentang atraksi di Candi Prambanan sehingga dapat menjawab pertanyaan dan menambah pengetahuan wisatawan. Untuk amenitas, kualitas pelayanan yang Assurance yaitu pelayanan yang sopan dan memiliki pengetahuan yang luas pada para petugas pusat informasi, toko souvenir yang memiliki produk yang komplit untuk ditawarkan. Untuk aksesibilitas, kualitas pelayanan yang Assurance yaitu pelayanan yang memiliki pengetahuan yang luas pada para petugas tranportasi dari, ke dan pada Candi Prambanan
Tidak ada komentar